Kapankah Bersatunya Islam?

Kapankah Bersatunya Islam?

118
0
SHARE

assalamu’alaikum wr.wb

Al-Ustadz yg di karunia Allah, smoga situs ini slalu dberikan Allah kemudahan dan sllu maju dan berkembang…Amiin.

yang saya tanyakan akankah Islam akan bersatu dengan satu tongkat panji Islam yaitu Hablullah.apakah ini memang sudah janji Allah dengan turunnya ayat: “WA`TASHIMUU BIHABLILLAHI JAMII`A WALA TAFARROQUU“bahwa Islam ke depan pasti bertafarruq.bgmna usaha kita ?dan apakah umat Islam di zaman sekarang perlu adanya Figur sebagai contoh panutan untuk tidak bertafarruq agar saling jalin Ukhuwwah dan bermuqowamah?

sblmnya saya ucapkan terima kasih atas jawabnya.

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb. 

Ayat yang Anda sitir sangat jelas memerintahkan kaum muslimin untuk bersatu dan tidak berpecah belah. Kalaupun ada perbedaan dalam hal pandangan dan sejumlah persoalan yang sifatnya cabang (furu) hal itu adalah sesuatu yang lumrah yang tidak boleh sampai mengarah kepada perpecahan. 

Namun, mengapa persatuan itu demikian sulit terwujud. Rahasianya juga terdapat pada ayat yang sama. Lengkapnya, Allah befirman, 

Berpegangteguhlah kalian semua dengan tali Allah dan jangan berpecah belah. Ingatlah terhadap nikmat Allah atas kalian saat kalian bermusuhan, lalu Allah menjinakkan hati-hati kalian sehingga dengan nikmat-Nya itu kalian menjadi bersaudara (Ali Imran: 103) 

Dari ayat di atas Allah mengisyaratkan bahwa permusuhan baru bisa hilang dan persaudaraan baru bisa terwujud ketika hati-hati mereka sudah diperbaiki. Jadi, masalah utama terkait dengan persatuan dan persaudaraan umat terdapat dalam hati. Jika hati bersih dari penyakit-penyakitnya: sombong, dengki, iri, tamak, dsb, tentu persatuan dan persaudaraan itu bisa terwujud. 

Karena itu, langkah pertama untuk mewujudkan persaudaraan adalah memperbaiki kondisi hati. Hal itu bisa dimulai oleh setiap individu, organisasi, lembaga, dan seluruh masyarakat. 

Wallahu a’lam

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY