Jumlah Ayat al-Qur’an

Jumlah Ayat al-Qur’an

100
0
SHARE

Ades

Pertanyaan:

Masyarakat sudah banyak mengetahui baik dari buku atau dari ceramah agama bahwa jumlah ayat Al Qur’an adalah 6666, tetapi setelah saya hitung ayat Al Qur’an jumlahnya tidak sampai 6666 (saya lupa jumlah pastinya), pernah saya tanyakan pada dosen agama, katanya ada perbedaan pendapat dalam menghitung jumlah ayat Al Qur’an, ada yang menghitung satu ayat dibagi/dihitung menjadi 2 ayat dan ada satu ayat yang digabung ke ayat sebelumnya atau sesudahnya. Bagaimana menurut Ustad? Terima Kasih

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb. Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d.

Apa yang disampaikan dosen Anda itu benar dan sesuai dengan pendapt kami. Memang dulu kita sering diberitahu bahwa jumlah ayat Al-Quran itu 6666 ayat. Tidak jelas dari mana sumbernya. Namun jumlah itu tidak sesuai dengan kenyataannya. Namun para ulama Al-Quran pun juga tidak sepakat, berapa jumlah ayat Al-Quran itu secara tepat. Dalam Al-Quran terjemah dari Saudi Arabia disebutkan jumlahnya 6.236 ayat. Bukan karena jumlahnya yang berbeda, namun metode penghitungannya. Ada yang menghitung basmalah di setiap awal surat sebagai bagian dari ayat. Ada juga yang menjadikan sebuah ayat menjadi dua dan seterusnya.

Sedangkan naskahnya al-Quran sendiri tetap sama, yang beda adalah metode menghitungnya. Karena perbedaan berapa jumlah hitungan ayat yang ada dalam Al-Quran Al-Karim bila disebabkan perbedaan cara penghitungan, sama sekali tidak ada pengaruhnya kepada isi Al-Quran Al-Karim sendiri. Karena secara zahirnya, tidak ada yang dihilangkan dari Al-Quran Al-Karim itu.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY