Beli Rumah Dengan Pinjam Uang Di Bank

Beli Rumah Dengan Pinjam Uang Di Bank

179
0
SHARE

Abdullah

Pertanyaan:

Assalamu’alaykum Pak ustadz yth, bolehkan meminjam uang di bank Eropa utk membeli rumah/tanah. Peminjaman tsb sbb: misal: meminjam 10000 euro, ketentuan pengembalian: dng cara dicicil sebesar 900 euro per bulan selama 12 bulan. (dalam keterangan yang kami dapatkan tercantum jumlah peminjaman dan besar cicilan per bulannya). Apakah ini dapat dikategorikan sepakat untuk melebihkan pengembalian hutang sejak awal (dng menghitung sendiri, misal contoh diatas, pinjam 10000 euro, dikembalikan dng cara dicicil menjadi 10800 euro)? Wassalam.

Jawaban:

Assalamu`alaikum Wr. Wb. Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi Rabbil `Alamin. Wash-shalatu Was-Salamu `alaa Sayyidil Mursalin. Wa ba`d.

Sebenarnya praktek yang islami dalam perkara anda ini adalah bentuk murabahah. Yaitu anda mengajukan permohonan ke pemilik uang yang dalam hal ini adalah bank untuk membelikan rumah buat anda. Maka bank tersebut mencarikan rumah yang sesuai dengan keinginan anda membayar semua biaya pembeliannya langsung. Lalu rumah itu dijual kepada anda dengan metode pembayaran cicilan. Untuk itu, anda harus mencicil pembayaran ke pihak bank dan bank boleh mengambil keuntungan dari cicilan anda.

Yang tidak dibenarkan adalah pihak bank tidak mau tahu urusan uang pinjaman itu mau diapakan, pokoknya anda wajib mengembalikan pinjaman uang itu dengan bunga sekian persen dari jumlah yang anda pinjam. Ini adalah praktek ribawi. Sedangkan yang pertama dibolehkan menurut ajaran Islam. Karena prinsipnya anda membeli rumah dari bank secara kredit. Jadi bank itu harus membeli terlebih dahulu rumah yang dimaksud, barulah anda mencicil pembayaran kepada pemilik rumah yang baru yaitu bank.

Wallahu A`lam Bish-Showab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY