Huruf-huruf Terputus di Awal Surat

Huruf-huruf Terputus di Awal Surat

94
0
SHARE

Assalamu alaikum, ustadz sya mau bertnya tentang ayat al-qur’an, di dalam lqur’an terdpat ayat yang menerangkan al-qur’an diturunkaan untuk dipahami oleh manusia, tetapi knp ada ayat yang tdk ada artinya atau kita tidak bisa mngerti apa makna nya, seprti “alif lam mim” “haa miim” “nuun” dll,,apa dari ayat tsb ada arti nya??? apa makna dari ayat tsb??? walloh a’lam bis showab
mohon bimbinganx ust, jazakumulloh,,,

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.

Alqur’an adalah firman Allah swt yang sempurna dan paripurna. Mustahil ada kekurangan dan kelemahan darinya. Alquran di turunkan sebagai mukjizat untuk Rasul saw dan tersimpan didalamnya hikmah dan pelajaran untuk manusia. Diantaranya adalah huruf al-muqothoah yang terdapat banyak di awal surat dalam al-Quran, misal alif laam miim, yaa siin dll. Menggunakan Huruf muqotho’ah ini tidak menjadi kebiasaan bangsa arab dalam berkomunikasi, sehingga menjadi hal yang baru dan asing dalam komunikasi bangsa arab. Dengan demikian kita perlu mengambil hikmah dan pelajaran kenapa Alloh swt menggunakan kaidah ini dalam memulai surat didalam AlQuran.

Kita tahu bahwa beban yang begitu berat bagi Rasul saw untuk menyampaikan wahyu ilahi, jangan sampai sebelum sempat Rasul mengeluarkan kalimat berita ilahi tetapi masyarakat sudah enggan mendengarkannya, sehingga Allah swt menggunakan strategi  marketing dakwah yang luar biasa sehingga memunculkan penasaran terlebih dahulu yang pada akhirnya suka atau tidak mereka akhirnya sempat mendengar wahyu akan akan dibacakan Rosulullah saw. Seperti sebelum berbicara tentang hakekat keimanan dalam surat Albaqoroh atau surat yasin, Alloh swt menggunakan strategi marketing yang luar biasa yang membuat masyarakat penasaran lebih dahulu karena awal surat ini menggunakan huruf-huruf muqothoah (yang tidak biasa dan tidak dimengerti bangsa arab) karena penasaran inilah maka mereka sejenak menunggu kenapa Muhamad dan apa yang di bicarakan Muhamad saw?. Hal ini menjadi strategi yang baik untuk berbisnis, perlu membuat inovasi baru agar segment pasar kita penasaran dan pada akhirnya target pasar kita tercapai. Adapun mengenai makna dari huruf-huruf tersebut hanya Allah yang mengetahui.

Wallahu a’lam bish-shawab

Wassalamu alaikum wr.wb.

Nur Hamidah, Lc, MA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY