Umrah Ramadhan Sama dengan Haji

Umrah Ramadhan Sama dengan Haji

194
0
SHARE

Pak Ustad,
Mohon informasi mengenai hadist atau hukum umroh pada bulan Ramadhan sama dengan pahala haji
seperti banyak yang dipublikasikan oleh travel/penyelenggara umroh / haji? Apakah memang ada hadis
tersebut? Jazakumullah khoiron katsiro

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Asyrafil Anbiya’ wal Mursalin. Wa ba’du:

Apa yang Anda dengar benar. Memang terdapat hadits sahih yang artinya, “Umrah di bulan Ramadhan menyamai haji” dalam riwayat lain, “Umrah di bulan Ramadhan menyamai haji bersamaku.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Hadits tersebut menegaskan keutamaan melakukan umrah di bulan Ramadhan. Yaitu bahwa ia menyamai ibadah haji. Menurut para ulama maksud dari menyamai ibadah haji di atas adalah dalam hal pahala, bukan dalam segalanya. Sebab, dari sisi hukum, meskipun ia melakukan umrah di bulan Ramadhan, hal itu tidak bisa menggantikan ibadah haji. Sehingga jika seseorang belum berhaji, namun sudah berumrah di bulan Ramadhan, kewajiban haji tetap harus ia lakukan manakala mampu.

Selanjutnya terkait dengan waktunya, umrah Ramadhan tersebut mencakup seluruh bulan Ramadhan. Yakni bisa dilakukan di awal, di pertengahan, atau di akhir Ramadhan. Tentu saja, sepuluh hari terakhir berikut malamnya merupakan waktu terbaik. Para ulama menyebutkan sebuah kaidah, “Amal-amal kebaikan bisa berlipat ganda nilainya jika dilakukan pada waktu dan tempat yang mulia dan istimewa.”
Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY