Sedekah ke Mesjid atau Yatim?

Sedekah ke Mesjid atau Yatim?

83
0
SHARE

Asslamua’laikum waromatullah wabarakatuh.
Saya ingin bertanya mengenai sedekah  “Manakah yang harus diutamakan sedekah jariyah ke masjid atau sedekahn untuk anak yatim”
Regards,
Cepi Abdul Haris

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih. Amma ba’du:

Kedua sedekah tersebut sama-sama memiliki keutamaan, baik sedekah ke mesjid maupun kepada yatim yang membutuhkan. Idealnya, dalam kondisi mampu, kita bisa memperhatikan dan memberikan sedekah kepada keduanya secara bersamaan. Namun dalam kondisi kita harus memilih karena kondisi yang ada. maka harus dilihat mana di antara keduanya yang paling membutuhkan.

Kalau masyarakat sekitar misalnya sangat membutuhkan sarana ibadah dan dakwah yang memadai, sementara anak yatim yang ada masih bisa hidup dengan baik dan layak atau mendapat perhatian yang lain, maka dalam kondisi demikian sedekah ke mesjid lebih diutamakan. Namun jika sebaliknya, mesjid dalam kondisi sudah cukup memadai, bisa dipergunakan untuk ibadah dan dakwah dengan baik, sementara anak yatim di sekitar sangat membutuhkan bantuan untuk makan dan pendidikan maka dalam kondisi demikian diutamakan bersedekah kepada anak yatim.

Di sini dibutuhkan kerjasama dengan masyarakat dan lembaga sosial agar semua mendapatkan perhatian yang layak dan proporsional sehingga tidak ada yang ditelantarkan.

Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY