Apakah Iblis dari golongan Malaikat?

Apakah Iblis dari golongan Malaikat?

504
0
SHARE

Asallamualaikum, wr wb! Bisa bantu saya soal ayat surat Al-Baqarah berikut ini Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah 34) dalam ayat ini Tuhan berfirman kepada malaikat untuk bersujud tp iblis tidak mau, yang jadi pertanyaan saya apakah iblis itu termasuk malaikat??? karna Ada kata2 ‘Kami berfirman kepada para malaikat’Terima kasih atas jawaban dan penjelasannya semoga ilmu saya bertambah dan menjadi teranglah yang kabur pada diri saya!! wasalamualaikum wr, wb!

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulilllahi wa ala alihi wa shahbih amma ba’du:

Persoalan tersebut sudah lama menjadi bahan diskusi dan perdebatan di antara para ulama. Secara umum dalam memahami hal itu para ulama terbagi dua:
Sebagian berpendapat bahwa Iblis berasal dari kalangan malaikat. Alasannya, Allah menyuruh malaikat bersujud kepada Adam, lalu Allah befirman, “Mereka bersujud kecuali Iblis.” Andaikan Iblis bukan dari kalangan malaikat tentu perintah tersebut tidak tertuju kepada mereka dan kalau mereka memang tidak disuruh bersujud berarti saat tidak bersujud, mereka tidak membangkang dan tidak layak dihinakan.

Sebagian lagi berpendapat  bahwa Iblis termasuk dari kalangan Jin; bukan dari kalangan malaikat. Ini merupakan pendapat Ibnu Abbas dalam suatu riwayat, pendapat Hasan al-bashri, Qatadah, az-Zamakhsyari dan yang lain. Alasannya, dalam surat al-Kahfi ayat 50 Allah mengatakan, “Kecuali Iblis, ia berasal dari Jin. Ia menyimpang dari perintah Tuhannya.” Jadi jelas Iblis berasal dari kalangan Jin. Sementara Jin diciptakan dari api; bukan dari cahaya seperti malaikat.

Dalam al-Kasysyaf disebutkan, Iblis juga termasuk yang mendapat perintah untuk bersujud karena ketika itu sedang bersama para malaikat dan beribadah seperti mereka. Nah jika malaikat saja mendapat perintah bersujud dan hormat kepada Adam, Iblis yang berasal dari kalangan jin lebih layak untuk bersikap tawaduk dan hormat kepadanya. Sehingga ketika tidak bersujud, berarti ia menunjukkan pembangkangan.

Ibnul Qayyim menengahi dengan berkata, “Kedua pendapat di atas sebenarnya sama. Iblis secara wujud bersama dengan malaikat. Namun secara fisik dan asal bukan dari kalangan mereka. Pasalnya, Iblis tercipta dari api, sementara malaikat dari cahaya.”

Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY