Keluar Keputihan Saat Shalat

Keluar Keputihan Saat Shalat

88
0
SHARE

Assalamu’alaikum wr.wb

Saya ingin bertanya , apabila pada waktu melaksanakan sholat tiba-tiba keluar cairan keputihan bagaimana? Apakah sholat dihentikan atau tetap dilanjutkan?
Terima kasih atas jawabannya.

Wassalamualaikum wr.wb

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Wash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Wa ba’du:

Keluarnya keputihan membatalkan wudhu. Karena itu jika di saat shalat Anda yakin keluar cairan keputihan berarti shalat Anda batal sehingga harus bersuci kembali dengan cara berwudhuk kembali. Namun jika Anda tidak yakin, tetapi ragu antara keluar dan tidak, maka tetap teruskan shalat Anda tanpa perlu memerhatikannya. Sebab, kondisi suci yang sudah Anda miliki dan Anda yakini sebelumnya tidak bisa dilenyapkan dengan sebuah keraguan. Rasul saw bersabda, “Tinggalkan yang meragukan menuju sesuatu yang tidak meragukan.”

Berbeda halnya jika cairan tersebut keluar terus-menerus seperti orang beser. Dalam kondisi demikian hukumnya seperti hukum wanita yang mustahadhah. Yaitu, sebelum shalat hendaknya membersihkan cairan keputihan yang keluar, lalu menutup atau membalutnya dengan kain, kemudian berwuduk. Kalaupun di saat shalat keluar, Anda tidak perlu menghentikan shalat. Akan tetapi, tetap meneruskannya tanpa peduli apakah ia keluar atau tidak.

Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY