Menghajikan Orang Tua Sebelum Diri Sendiri Berhaji

Menghajikan Orang Tua Sebelum Diri Sendiri Berhaji

144
0
SHARE

 

Assalamualaikum..Ustad sya mau tanya, saat ini saya mendaftarkan ibu saya berangkat haji yang insya allah akan berangkat tahun 2018. Sementara saat ini saya belum haji. Kt orng2 itu ndk boleh seharusnya sy dl yang brngkt haji, smntra saat ini rezeki sy msh sanggup hnya unt 1 orng yaitu ibu sy. Apa salah sy berbakti pada ibu sy dng membrangkatkannya berhaji? Dng usia ibu sy 56th hnya berhajilah yang diangan2kan sjk lama. Mohon petunjuknya..Trima kasih Wassalam… Assalamu alaikum wr.wb.
Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Wa ba’du:

Membantu orang tua untuk bisa melaksanakan ibadah haji merupakan sebuah amal yang sangat baik. Apalagi jika ia memang sudah menginginkan dan memintanya. Hal itu adalah bentuk bakti kepada orang tua. Allah tentu tidak akan menyia-nyiakan kebaikan tersebut; tetapi akan memberikan balasan kebaikan di dunia dan akhirat. Rasul saw bersabda, “Siapa yang membantu memenuhi kebutuhan saudaranya, Allah akan memenuhi kebutuhannya.” Apalagi ini kebutuhan orang tuanya sendiri.

Adapun perkataan orang-orang bahwa hendaknya Anda dulu yang berangkat haji sebelum memberangkatkan orang lain, hal itu sama sekali tidak berdasar. Tidak ada larangan untuk mendahulukan atau mengutamakan orang lain; apalagi orang tua sendiri untuk berangkat haji. Yang tidak boleh adalah mengerjakan ibadah haji atas nama orang lain; sebelum diri sendiri berhaji.

Wallahu a’lam.
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY