Waris dari Orang Tua yang Semuanya Sudah Meninggal

Waris dari Orang Tua yang Semuanya Sudah Meninggal

66
0
SHARE

 

Asalamualaikum… Apa bila orang tua sdh mninggal smua siapakah yg berhak mewarisinya & beserta pembagianya utk 6 bersaudara 2 laki2 & 4 perempuan…

Assalamu alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba’du:

Keterangan yang Anda berikan kurang lengkap. Sebab,  informasi yang kurang lengkap akan membuah pembagian harta waris menjadi salah pula. Misalnya apakah orang tua Anda (ayah dan ibu) meninggal dalam kondisi bersamaan? (Jika tidak maka salah satunya mewarisi yang lain), apakah ayah atau ibu Anda memiliki orang tua? dst. Lalu ketika ayah Anda meninggal dunia apakah anak yang lahir sudah enam orang seperti yang Anda sebutkan?

Kalau diasumsikan bahwa ayah Anda yang meninggal dunia terlebih dahulu di mana ibu dan ayah (dari ayah Anda) ketika itu sudah wafat, maka pembagian warisnya adalah untuk ibu Anda (sebagai isteri almarhum) mendapat 1/8 bagian. Lalu sisanya dibagi di antara anak-anaknya dengan pembagian anak laki mendapat dua kali bagian anak perempuan.

Kemudian bagian ibu 1/8 (karena sudah meninggal) dibagi lagi kepada anak-anaknya dengan pembagian yang sama (laki-laki mendapat dua bagian perempuan). Ini dengan catatan orang tua dari ibu juga tidak ada.

Wallahu a’lam.
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY