Antara Mani dan Madzi

Antara Mani dan Madzi

170
0
SHARE

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Pak Ustadz saya mau tanya nih, jika ada seseorang yang ber masturbasi/onani, tapi di tengah kegiatan tersebut dia tersadar akan dosa dan menghentikan nya, tapi pada ujung kemaluan Nya terdapat sedikit cairan bening dan agak lengket. Apa itu disebut mani atau madzi? Dan apakah dia wajib mandi? Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba’du:

Untuk membedakan antara mani dan madzi adalah dengan melihat pada ciri-ciri keduanya. Berikut adalah ciri-ciri mani dan madzi:
Ciri-ciri Mani:
1. Keluar dengan syahwat dan perasaan nikmat
2. Setelah keluar membuat tubuh lemas.
3. Warnanya putih kekuningan.
4. Agak kental
5. Keluar dengan cara memancar
6. Kalau sudah kering baunya seperti putih telur yang kering.

Ciri-Ciri Madzi:
1. Tidak kental
2. Keluar saat terjadi rangsangan dan tanpa perasaan nikmat; bahkan tidak terasa.
3. tidak berwarna
4. Biasanya berupa tetesan di ujung kemaluan; bukan keluar dengan cara memancar.

Demikian ciri-ciri mani dan madzi. Perlu diketahui bahwa mani adalah suci. Namun jika keluar dengan syahwat cara bersucinya dengan mandi. Sementara madzi adalah najis ringan. Sehingga pakaian dan badan yang terkena olehnya harus dibersihkan meski cukup dengan memercikkan air kepadanya. Untuk bersuci darinya cukup dengan berwudhuk.

Saran kami, dia harus berusaha menghentikan kebiasaan onani tersebut karena menurut jumhur hukumnya haram dan tidak baik bagi kesehatan. Solusinya, dia harus menyibukkan diri dengan kegiatan positif, berteman dengan orang-orang baik, membaca buku yang bermanfaat, mengikuti majelis ilmu, serta banyak berdoa dan meminta kepada Allah agar diberi keteguhan iman.

Wallahu a’lam.
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY