Apa Benar Surat al-Kafirun Setara dengan Seperempat Alquran?

Apa Benar Surat al-Kafirun Setara dengan Seperempat Alquran?

730
0
SHARE

 

Assalamualaikum Ustadz
Apakah benar surah Al kafirun sama seperti seperempat Al Quran. Mohon penjelasannya?

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba’du:

Dalam hadits Nabi saw memang disebutkan, “Qul Ya ayyuhal kafirun senilai dengan seperempat Alquran.” Hadits ini dianggap hasan oleh al-Albani dalam kitab silsilah ahadits sahihah. Apa maknanya?

Syeikh al-Mubarakfuri dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi Syarah Sunan at-Tirmidzi menyebutkan bahwa Alquran hukum-hukum yang terkait dengan dua kalimat syahadat serta penjelasan tentang kehidupan dunia dan akhirat. Sementara surat al-Kafirun sebagaimana ditegaskan oleh Nabi saw dalam hadits lain berisi keterlepasan dari syirik (tauhid atau kalimat syahadat yang pertama). Karena itu surat al-kafirun memiliki kandungan yang setara dengan seperempat Alquran.

Adapun Syeikh Ibn Baz menyatakan bahwa membaca surat al-kafirun empat kali sama dengan mengkhatamkan Alquran. Hanya saja, ini bukan berarti setelah itu tidak perlu lagi membaca Alquran. Sebab seorang muslim hendaknya membaca Alquran secara rutin setiap hari dan mengkhatamkannya dalam sebulan. Sementara hadits di atas adalah untuk memotivasi setiap muslim agar membaca surat al-kafirun yang memiliki fadhilah besar serta memahami dan mengamalkan dalam kehidupan.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY