Gangguan “Ain” dan Cara Pengobatannya

Gangguan “Ain” dan Cara Pengobatannya

136
0
SHARE

Assalamu’alaikumUstadz…mohon dijelaskan tentang ‘ain (ada orang katanya kena serangan ‘ain ). Mohon penjelasan ttg ain secara detail ust dan bagaimana cara menghindari serangan ‘ain dan bagaimana cara penyembuhan orang yg sudah kena serangan ‘ain. Jzklh ustadz atas penjelelasannya

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Wa ba’du:

Keberadaan gangguan dengan ain (mata) memang ada dan disebutkan oleh Nabi saw. Ia berupa pandangan seseorang terhadap sesuatu yang dianggap bagus yang biasanya disertai dengan rasa iri dan dengki.  Beliau bersabda, “Pengaruh ain nyata adanya. Andaikan ada sesuatu yang mendahului takdir, tentu ain mendahuluinya.” (HR Muslim)

Namun hadits di atas juga menjelaskan bahwa bahaya ain tidak akan terjadi tanpa kehendak Allah Swt. Tanda orang yang terkena ain juga variatif, mulai dari menangis, kejang, tidak semangat, atau yang lain. Karena itu, yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk terhindar dari dampak buruk ain adalah menjauhkan ilusi dan perasaan bahwa dirinya terkena ain. Sebab, perasaan dan ilusi bahwa dirinya terkena ain justru akan memberi dampak buruk.

Seorang muslim harus optimis dan yakin bahwa Allah pasti melindunginya dari mara bahaya apapun. Tentu diiringi dengan usaha seperti banyak berlindung kepada-Nya dengan bertaawwudz, memperbanyak ibadah, zikir, dan tilawah Alquran. Hal itu bisa ditambah dengan mandi dan rehat, disertai nasihat para ulama untuk kembali membangkitkan optimisme dalam hidup.  

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY