Bersalaman dengan Paman

Bersalaman dengan Paman

92
0
SHARE

 

Assalamu’alaiku……..saya mau tanya bolehkah bersalaman dengan paman dari ayah atau dari ibu kita, mohon penjelasannya pa ustad terima kasih wassalamu’alaikum warohmatullahi wabbarakatuh

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Bersalaman dengan mereka yang masih merupakan mahram kita diperbolehkan. Yang tidak diperbolehkan adalah bersalaman dengan mereka yang bukan mahram. Untuk mengetahui siapa saja yang merupakan mahram kita dari nasab bisa dilihat pada surat an-Nur: 31.

Paman (entah dari ayah atau ibu) termasuk mahram. Karena itu boleh bersalaman dengannya. Yang tidak boleh adalah bersalaman dengan paman suami atau isteri karena mereka bukan termasuk mahram apapun kondisinya.

Nabi saw bersabda, “Aku tidak bersalaman dengan wanita.”  Hal itu diperkuat oleh pernyataan Aisyah ra, “Demi Allah, tangan Rasulullah saw tidak pernah menyentuh tangan wanita. Beliau membaiat mereka hanya dengan ucapan.”

Wallahu a’lam

Wassalamu alakum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY