Hukum Wanita menginap Di Rumah Orang

Hukum Wanita menginap Di Rumah Orang

96
0
SHARE

 

Assalamualaikum..Saya mau bertanya tentang hukum adik saya seorang perempuan menginap dirumah orang lain atas izin orang tua,  dan orang tua temannya juga yg perempuan tapi perempuan pemilik rumah ini punya saudara laki2 yg dulunya juga teman SMA(sekelas) dari adik saya . Bagaimana hukum islam mengenai hal ini? Terima kasih, wassalam

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Menginapnya seorang wanita di luar rumah atau di rumah orang lain, khususnya pada masa sekarang ini, mengandung banyak resiko dan fitnah. Hal ini dengan melihat pada sejumlah kasus dan peristiwa yang terjadi di mana wanita kerapkali menjadi korban. Karena itu, kalaupun terpaksa harus menginap di rumah orang maka ada sejumlah hal yang harus diperhatikan:

1.  Aman dari fitnah dan gunjingan orang. Artinya jangan sampai menginapnya wanita di rumah seseorang memancing kecurigaan orang, teman, dan tetangga sekitar. Pasalnya seorang muslim harus menjaga kehormatan diri dan nama baiknya.

2. Tidak boleh berkhalwat (berduaan) dengan orang-orang yang bukan mahramnya. Rasul saw bersabda, “Janganlah salah seorang dari kalian berduaan (berkkahlwat) dengan wanita kecuali yang ketiga adalah setan.” (HR Imam Ahmad).

3. Harus memastikan bahwa auratnya selalu tertutup dan terjaga dengan baik. Rasul saw bersabda, “Tidaklah seorang wanita melepas pakaiannya bukan di rumah suaminya melainkan telah merobek tabir antara dirinya dan Rabbnya. (HR. Turmudzi).

4. Tidak bercampur baur (ikhtilath) dengan laki-laki dan menjaga adab (pandangan, tampilan, dan ucapan) sebagai seorang wanita.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY