Apakah Dosa Syirik Diampuni?

Apakah Dosa Syirik Diampuni?

157
0
SHARE

Assalamu alaikum wr.wb Saya ingin bertanya, “apakah benar dosa syirik (tidak mengakui Allah sebagai tuhannya) itu tidak akan pernah diampuni Allah, sekalipun sudah taubat” Terimakasih

Assalamu alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Dalam Alquran surat an-Nisa ayat 116 Allah befirman, “Allah tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa selain syirik bagi siapa yang Dia kehendaki.

Ayat tersebut terkait dengan kondisi di akhirat. Yaitu antara keadaan orang yang menghadap Allah dengan membawa dosa syirik dan orang yang menghadap Allah dengan membawa dosa selain syirik. Yang pertama tidak bertobat dengan kembali kepada Islam dan yang kedua tidak bertobat dengan membersihkan diri dari maksiat yang dilakukan.

Nah bagi pelaku kemusyrikan yang meninggal dunia atau berjumpa dengan Allah dalam kondisi belum bertobat dari kemusyrikannya, maka Allah menetapkan atas diri-Nya untuk tidak mengampuni dosa syirik tersebut. Dalam hadits Nabi saw bersabda, “Setiap dosa ada peluang untuk diampuni kecuali orang yang meninggal dunia dalam kondisi kafir (tidak sempat bertobat dari kekufuran dan kemusyrikannya)…” (HR an-Nasai)

Sementara bagi pelaku dosa selain syirik yang belum sempat bertobat dari dosanya, maka urusannya terserah Allah. Bisa saja Allah memberikan ampunan kepada orang tersebut dan bisa pula tidak memberi ampunan.

Adapun bagi orang yang bertobat dari dosanya sebelum meninggal dunia, baik itu dosa syirik maupun dosa lainnya, selama tobatnya itu dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh (nasuha) maka insya Allah diampuni oleh Allah Swt.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY