Ketika Kaki Yang Basah Menginjak Bekas Kencing Yang Kering

Ketika Kaki Yang Basah Menginjak Bekas Kencing Yang Kering

274
0
SHARE

 

assalamualaikum  wr. wb. ustad
Saya mau bertanya, kalau bekas air kencing yang sudah kering di lantai apakah najis jika kita menginjaknya dengan kaki yang kering? bagaimana kalau
kita menginjaknya dengan kaki yang basah apakah jadi najis? jika menginjaknya dengan kaki yang basah dan terus berjalan apakah lantai  selanjutnya yang diinjak menjadi najis?
Perlukah kita mengepel lantai yang terkena bekas air kencing yg sudah kering ke seluruh bagian rumah karena banyak orang yg melewati tempat
tersebut atau hanya bagian yg terkena air kencing yg sudah kering saja yg perlu dipel?

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb Alhamdulillahi Rabbil alamin. Washshalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Prinsipnya, benda suci yang kering jika bersentuhan dengan najis yang kering tidak membuat benda suci tadi menjadi najis. Demikian pendapat para ulama.  Ibn Jibrin berkata, “Jika najis yang sudah kering menyentuh badan atau pakaian yang juga kering, maka ia tidak membuat badan dan pakaian tadi bernajis. Sebab najis hanya berpindah jika dalam kondisi masih basah.”

Lalu bagaimana jika najis yang kering bersentuhan dengan benda suci yang basah? apakah benda suci tadi menjadi najis? Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat.

Menurut kalangan Maliki dan Hanafi benda suci yang basah tadi tidak menjadi najis. Sebab, ketika kering wujud najisnya telah hilang. Sementara menurut kalangan Syafii dan Hambali, benda suci tadi menjadi najis.

Terkait dengan kasus Anda di atas, demi kehati-hatian, jika Anda yakin bahwa lantai yang terinjak adalah bekas kencing yang sudah kering yang belum dipel dan dibersihkan, maka hendaknya kaki basah yang menyentuhnya dibasuh dengan air. Demikian pula dengan lantai yang terkena kencing (meski telah kering), hendaknya ia segera dibersihkan untuk tidak menimbulkan keraguan.

Namun jika Anda tidak yakin telah menyentuh kencing yang kering tersebut dan kencing tersebut tidak berpindah ke tempat lain, maka tidak perlu dibasuh. Karena yang yakin tidak bisa dihilangkan oleh keraguan.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY