Mencari Jodoh

Mencari Jodoh

241
0
SHARE

 

Assalamualaikum wr wbsaya ingin bertanya mengenai jodoh. Apakah ada doa atau ibadah yang bisa saya jalankan untuk mendekatkan jodoh pasalnya saya kesulitan untuk mendapatkan jodoh dan usia saya sudah terhitung cukup dewasa untuk beristri (kepala 3) saya sudah mencoba istiharoh dan bertanya kepada teman dan keluarga tapi belum menemuakan yang pas dan ketika saya menyukai seseorang belum ada jawaban sampai saat ini…mohon bantuannya ustad ..terima kasihassalamualaikum wr wb

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Kami memahami kondisi yang Anda hadapi saat ini. Ada banyak sebab mengapa hal itu bisa terjadi. Namun yang penting bagaimana menyikapi semua dengan baik dan positif seraya terus mengambil hikmah dan pelajaran. Di antara langkah yang bisa ditempuh sebagai bentuk ikhtiar dan usaha yang diajarkan oleh syariat adalah sebagai berkut:

1.  Bersabar dan rida dengan segala ketentuan yang Allah berikan. Kadang Allah ingin menguji, ingin memberikan ganjaran besar, ingin menyelamatkan, atau ingin meninggikan derajat seseorang lewat cara yang tidak kita ketahui (lihat QS az-Zumar: 10)

2. Banyak berdoa kepada Allah dan percaya penuh kepada-Nya; tidak tergesa-gesa. Sebab Allah mengabulkan doa hamba selama tidak tergesa-gesa. Di antara bentuk ketergesa-gesaan itu adalah merasa doanya tidak dikabul. Doa yang bisa dibaca di antaranya:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

3. Memperbanyak istigfar. Sebab, istigfar bisa menjadi sarana dan sebab datangnya berbagai karunia dari Allah Swt (lihat QS Nuh: 10-12).

4. Menjaga dan melaksanakan berbagai kewajiban agama. Terutama shalat lima waktu, bakti kepada orang tua, dst.

5. Meninggalkan maksiat dan dosa karena ia bisa menjadi penghalang bagi turunnya berbagai karunia. Sebaliknya takwa adalah sebab datangnya solusi dan berbagai kemudahan (QS ath-Thalaq: 2-3 dan 4).

6. Tidak mengonsumsi yang haram, baik pakaian, makanan, maupun minuman.

7. Meminta bantuan orang-orang yang baik dari kalangan keluarga, ustadz, kolega, dan teman yang jujur dan amanah untuk mencarikan jodoh yang salih bagi Anda.

8. Tidak menetapkan syarat yang terlalu ideal. Misalnya dengan menerima meskipun sang calon tidak setampan yang Anda inginkan, atau tidak kaya, tidak punya jabatan tinggi, tidak berasal dari daerah yang sama dst. Yang paling penting ada;ah bahwa agama dan akhlaknya baik.

Akhirnya, semoga Anda tidak putus asa dalam berusaha melaksanakan sunnah Nabi saw, yaitu menikah. Juga semoga Allah memberikan suami yang salih yang mengantar pada kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY