Muallaf yang Pernah Operasi Plastik

Muallaf yang Pernah Operasi Plastik

90
0
SHARE

 

Assalamuailakum wr.wb. Maaf sebelumnya saya mau nanya :Apa hukum dari orang yang masuk islam tapi sebelumnya ia pernah melakukan oprasi plastik pada wajahnya di masa lampaunya sebelum ia masuk islam ?

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Perlu diketahui bahwa operasi plastik ada dua macam:

Pertama, operasi plastik yang memang dibutuhkan dan mendesak untuk menghilangkan aib dan cacat baik yang bersifat bawaan dari lahir maupun akibat kecelakaan. Misalnya bibir sumbing, bagian tubuh yang rusak karena terbakar, dst. Jenis operasi bedah plastik yang semacam ini diperbolehkan.

Kedua, operasi kecantikan biasa yang tujuannya hanya untuk mempercantik fisik yang sudah ada dalam bentuk normal. Misalnya memperbesar payudara, membentuk hidung agar mancung, dst.  Maka yang semacam ini dilarang.

Sebab, upaya mempercantik dan memperbaiki tampilan dengan merubah ciptaan Allah yang sudah normal merupakan bagian dari upaya setan. Dalam Alquran surat an-Nisa ayat 118 setan berjanji untuk memerintahkan manusia merubah ciptaan Allah.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah ibn Mas’ud juga disebutkan, “Allah melaknat para wanita yang  mentato tubuhnya dan yang minta ditato, yang mencabut dan minta dicabutkan alisnya, yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Lalu bagaimana dengan orang yang sudah melakukannya kemudian ingin bertobat atau ingin masuk Islam? Dosa di masa lalu tidak menghalangi seseorang untuk masuk Islam dan kembali ke jalan yang benar. Yang penting adalah bertobat dengan tobat nasuha dan memperbanyak amal salih. Cara tobatnya adalah dengan menyesali perbuatannya tersebut, meninggalkannya, serta bertekad untuk tidak mengulangi lagi. Allah befirman, “Aku Pemberi ampunan bagi orang yang bertobat, melakukan amal salih, kemudian berada di dalam petunjuk.” (QS Taha: 82).

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY