Bekerja Di Perusahaan Yang Menjual Miras

Bekerja Di Perusahaan Yang Menjual Miras

104
0
SHARE

 

AssalamualaykumUstadz saya bekerja di sebuah perusahaan retail sebagai HRD. Perusahaan tempat saya bekerja menjual Miras dengan keuntungan tiap tahunnya +- 0.2% dari miras tersebut dan tidak semua toko menjual miras hanya sebagian saja. Pertanyaan Saya bagaimana hukumnya upah yang saya terima? dan Apa yang harus Saya lakukan saat ini disaat Saya belum memiliki pekerjaan yang baru.Terimakasih Wassalamualaykum

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Tidak boleh bekerja di tempat yang terkait dengan khamar, entah sebagai penjual, pelayan, penjaga, dst. Sebab hal itu berarti membantu dan menyokong perbuatan dosa yang dilarang oleh agama. Dalam surat al-Maidah ayat 2 Allah befirman, “Jangan kalian saling mendukung dalam perbuatan dosa dan pelanggaran”

Dalam hadits Rasul saw yang berasal dari Ibn Umar ra,  Allah melaknat semua pihak yang terkait dengan khamar; mulai dari peminumnya, yang menuangkannya, penjualnya, pembelinya, pemeras anggurnya, yang minta diperaskan, pengantarnya, hingga kepada yang diminta diantarkan. Dalam riwayat lain disebutkan juga orang yang ikut duduk dengan peminumnya.

Karena itu, hendaknya Anda menjaga diri dari perbuatan dosa dan menjauhkan diri dari laknat Allah Swt. Seorang hamba yang berusaha menunjukkan ketakwaan pasti Allah beri jalan keluar yang terbaik untuknya (QS ath-Thalaq: 2).

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY