Imam Tidak Mengeraskan Suara Saat Shalat Jahriyyah

Imam Tidak Mengeraskan Suara Saat Shalat Jahriyyah

98
0
SHARE

Assalamualaikum wr.wb. Ustadz/Ustadzah saya ingin bertanya mengenai imam yang lupa mengeraskan suara. karena saya merasa sangat berdosa. Saya pernah lupa mengeraskan suara saya ketika saya menjadi imam bagi seorang ibu”, ketika rukuk sampai sujud, sehingga makmum saya tidak mengetahui saya sedang rukuk kemudian sujud. seketika itu saya ingat kalau saya sedang menjadi imam, kemudian saya membatalkan sholat dan kembali sholat dengan niat sebagai Imam dan saya keraskan kembali suara saya. apakah hukum sholat saya? sah atau tidak? terima kasih, Wassalamualaikum wr.wb

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Wash-shalatu wassalamu ala Asyrafil Anbiya wal Mursalin. wa’ ba’du:

Membaca surat secara nyaring dalam shalat jahriyyah (seperti shalat maghrib, isya, dan subuh) hukumnya tidak wajib. Artinya, kalau dibaca sirr (tidak keras) shalatnya tetap sah. Yang tidak sah adalah kalau tidak membaca surat al-Fatihah sebagaimana sabda beliau, “Tidak sah shalat orang yang tidak membaca ummul quran (surat al-Fatihah).” Jadi yang wajib adalah membacanya; bukan menyaringkannya.

Hanya saja, afdhalnya memang dibaca secara jahr, apalagi kalau menjadi imam, sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Nabi saw.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY