Konsumsi Obat Lewat Farj Saat Puasa

Konsumsi Obat Lewat Farj Saat Puasa

174
0
SHARE

Assalamualaikum Wr Wb.

Pak Ustaz, saat ini saya sedang hamil dan oleh dokter saya diberikan obat penguat kandungan yg dimasukkan melalui (maaf) vagina pada pagi dan siang hari. Alhamdulillah meski hamil muda saya masih dapat menunaikan puasa Ramadhan, namun yg ingin saya tanyakan apakah memasukkan obat tersebut membatalkan puasa Ramadhan saya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.


Jawaban
Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu was salamu ala Asyrafil Anbiya’ wal Mursalin. Amma ba’du

Para ulama berbeda pendapat tentang hukum penggunaan obat yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat organ di selain mulut. Sebagian ulama seperti Ibn Hazm dan Ibn Taymiyyah melihat bahwa penggunaan obat semprot, obat tetes, dan sejenisnya yang bukan termasuk kategori makan minum tidak membatalkan puasa. Pasalnya, puasa sebagaimana bunyi hadits Nabi saw, “Meninggalkan makan, minum, dan syahwatnya karena-Ku.”

Namun menurut sebagian ulama lain, semua yang masuk ke dalam tenggorokan dan perut entah lewat jalur apapun hukumnya bisa disamakan dengan makan dan minum. Apalagi jika dimasukkan dengan sengaja.

Karena itu, untuk keluar dari perbedaan pendapat di atas, hendaknya penggunaan obat tersebut tidak dilakukan pada saat berpuasa. Namun pada saat sahur (sebelum subuh) dan atau sesudah berbuka (maghrib).

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY