Melakukan Shalat Dhuha setelah Shalat Isyraq

Melakukan Shalat Dhuha setelah Shalat Isyraq

164
0
SHARE

Assalam alaikum warahmatullah wabarokatuh

Mau bertanya ustadz, apabila seseorang telah melaksanakan sholat isyroq (di awal waktu dhuha), apakah masih perlu untuk melaksanakan sholat dhuha saat matahari meninggi (saat anak​ unta kepanasan)? Tujuannya hanya untuk semaksimal mungkin menghidupkan sunnah Rasul dan mengharap rido Allah yang sebesar-besarnya. Karena menurut yang saya baca, keutamaan 2 sholat ini dijelaskan secara terpisah dan berbeda. Demikian, terima kasih. 
Wasslam alaikum warahmatullah wabarokatuh

 

 

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin wash-shalatu wassalamu ala Asyrafil Anbiya’ wal Mursalin. wa ba’du:

Sebenarnya orang yang melakukan shalat isyraq, yaitu shalat fajar (subuh) berjamaah di mesjid lalu duduk sambil berzikir mengingat Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, berarti di samping mendapatkan pahala shalat isyraq (syuruq) juga mendapatkan pahala shalat dhuha.

Namun bila ia ingin melakukan shalat dhuha pada waktu terpisah. Yakni sesudah shalat isyraq tersebut ia beraktivitas lalu saat matahari meninggi dan panas terik ia kembali melakukan shalat dua rakaat dhuha (di mana ini merupakan waktu terbaik untuk melaksanakan shalat dhuha), maka ia mendapatkan pahala shalat al-awwabin.

Demikian yang disebutkan sejumlah ulama.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY