Zakat Fitrah kepada Tante

Zakat Fitrah kepada Tante

187
0
SHARE

Assalamu’alaikumsaya berencana membayar zakat fitrah dengan beras, namun mesjid-mesjid yang berada di lokasi saya tinggal umumnya menerima dalam bentuk uang tunai. Jadi saya berencana membayarkannya sendiri. saya punya tante yang sedang terlilit hutang yang lebih dari satu sumber dan properti yang dimilikinya tidak melebihi nilai hutang tsb. apakah saya boleh berzakat fitrah kepada beliau?

Jawaban
Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba’du:

Pada dasarnya zakat tidak boleh diberikan kepada orang yang nafkahnya menjadi tanggungan kita, seperti anak dan orang tua. Hak mereka adalah mendapatkan nafkah; bukan zakat. Dalam hal ini, tante tentu bukan termasuk yang nafkahnya menjadi tanggungan kita. Karena itu ia boleh mendapatkan zakat kita selama memenuhi syarat.

Syarat untuk menerima zakat fitri atau zakat fitrah adalah fakir miskin. Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri  sebagai makanan bagi orang miskin ….” (HR Abu Daud) Nah siapa yang disebut fakir miskin? Fakir dan miskin adalah golongan orang-orang yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Apabila kata miskin disebutkan secara sendiri maka kata tersebut mencakup juga golongan fakir demikian juga sebaliknya. Tetapi jika keduanya disebutkan secara berbarengan, para ulama berbeda pendapat.  Yang jelas, kriteria seseorang dikatakan miskin atau fakir adalah jika orang tersebut tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak; bukan sekedar terlilit hutang.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY