Tidak Shalat Karena Sakit Hingga Meninggal Dunia

Tidak Shalat Karena Sakit Hingga Meninggal Dunia

177
0
SHARE

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya ingin bertanya: sekitar 2 minggu yang lalu, ibu saya meninggal dunia karena sakit. Selama sakit ibu saya tidak atau jarang sholat, karena kondisinya yang lemas karena habis dikemoterapi.  Saya mau bertanya cara mengganti sholatnya ibu saya yang selama sakit bagaimana? Apa membayar denda atau saya sholat dua kali buat mengganti sholatnya ibu saya ? Atau ada cara lain? Yang terakhir di alam mana saya bisa bertemu kembali dengan ibu saya ? Terima kasih wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Shalat adalah rukun Islam kedua sesudah dua kalimat syahadat. Ia adalah rukun yang sangat penting yang tidak boleh ditinggalkan selama masih sadar dan berakal. Jika tidak bisa dilakukan dengan berdiri, boleh duduk. Jika tidak bisa dengan duduk, boleh berbaring dan seterusnya.

Karena itu, bila seseorang sakit di mana sakitnya membuat ia tidak sadar, maka kewajiban shalat gugur darinya. Namun kalau sakit yang diderita tidak sampai membuatnya kehilangan kesadaran, maka ia harus tetap melaksanakan shalat tersebut sesuai dengan kemampuan.

Berbeda dengan puasa, shalat tidak bisa digantikan oleh orang lain. Lalu apakah kewajiban shalat yang tak tertunaikan itu\ bisa diganti dengan fidyah? Kalangan Hanafi menyatakan demikian. Mereka mengqiyaskan dengan puasa. Namun pendapat tersebut lemah karena tidak didukung oleh dalil. Di sisi lain, mengqiyaskan shalat dengan puasa tidak tepat karena berbeda ketentuan.

Yang bisa dilakukan oleh keluarga dan ahli waris adalah mendoakannya agar mendapat ampunan dari Allah Swt. Terakhir, orang yang masih hidup bisa atau mungkin berjumpa dengan orang yang meninggal dalam mimpi.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY