Zakat Profesi Yang Belum Dibayar

Zakat Profesi Yang Belum Dibayar

221
0
SHARE

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Saya ingin bertanya mngenai zakat mal. Sejak dri bulan sept’14 – jan’15 (4bulan) saya bekerja dengan gji 90jt/blan stlah itu saya tidak bekerja lagi sampai sekarang dan smpai saat ini sisa tabngan saya rp 200jt (slama ini saya menafkahi anak istri dri tabungan) dan smpi skrg sy blum bekerja lagi. Pertanyaan saya:
Apakah saya sudah wajib zakat mal atau saya harus keluar kan zakat profesi dari gaji waktu saya bekerja selama 4 bulan?!, dan bagaimana cara perhitungannya?
Trimakasih sblumnya. Wassalamu alaikum wr.wb.

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Zakat gaji atau penghasilan baru dikeluarkan bila sudah mencapai nishab. Nishabnya menurut perhitungan kami adalah senilai 653 kg beras. Jadi, kalau pendapatan seseorang senilai dengan 653 kg beras (minimal 7 juta), maka dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5% darinya.

Karena itu, gaji Anda yang mencapai 90 juta perbulan sudah mencapai nishab sehingga harus dizakati. Mestinya setiap kali mendapatkan gaji, Anda langsung mengeluarkan 2,5 % darinya sebagai zakat. Kalau sampai saat ini Anda belum mengeluarkan zakatnya maka bisa diakumulasi dan segera dikeluarkan atau diberikan kepada mustahik. Semoga dengan demikian harta Anda menjadi berkah dan Allah memberikan balasan yang berlipat ganda.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY