Zakat Penghasilan Untuk Janda

Zakat Penghasilan Untuk Janda

345
0
SHARE

Assalaikum warahmatullohi wabarakatuh
Bapak/ ibu saya mau tanya. suami saya bekerja di luar negri sebagai tki dengan pendapatan pokok 8 juta perbulan, selama 3 th kontrak. yang ingin saya1.  tanyakan apakah saya wajib menzakati mal dari tranferan suami saya tersebut?2. kalau memang wajib kemana saya harus memberikan zakat tersebut?3. kalo sebagai wujud zakat mal tersebut saya berikan kepada saudara tiri saya yang janda punya anak sekolah, apakah boleh? Demikian pertanyaan dari saya, terima kasih

Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

 

 

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Wash-shalatu wassalamu ala Asyrafil Anbiya’ wal Mursalin. Amma ba’du:

Para ulama mengqiyaskan nishab zakat profesi atau penghasilan dengan zakat tanaman, yaitu 5 wasaq atau setara dengan 652,8 kg gabah. Rasulullah SAW bersabda:  ”Tidak ada zakat pada hasil tanaman yang kurang dari lima wasaq” (HR Ahmad dan al-Baihaqi dengan sanad jayyid) ”Dan tidak ada zakat pada kurma yang kurang dari lima wasaq” (HR Muslim).

Penjelasannya: 1 wasaq = 60 sha’, 1sha’ = 2,176 kg, Maka 5 wasaq = 5 x 60 x 2,176 = 652,8 kg .

Jika dikonversi ke rupiah, karena makanan pokok di Indonesia berupa beras, maka 652, 8 kg x Rp. 10.000,- (harga beras termurah). Hasilnya sekitar 6 jutaan . Ini hanya sekedar contoh.

Nah karena penghasilan suami Anda sebesar Rp 8 juta, maka sudah terkena zakat penghasilan. Yakni harus dikeluarkan 2,5 % dari pendapatan tersebut.

Tentu saja zakat tersebut harus diberikan kepada mustahik (yang berhak menerima zakat). Yaitu delapan golongan seperti yang disebutkan dalam surat at-Taubah: 60.

Dalam hal ini kalau saudara tiri Anda memang termasuk mustahik, entah fakir, miskin, muallaf, gharim (terjerat hutang) dst, maka ia berhak dan boleh menerimanya. Jadi, bukan karena statusnya yang janda; tetapi karena kondisinya yang termasuk salah satu dari delapan golongan dalam surat at-Taubah: 60 tsb.

 

Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY