Wudhu Saat Mandi dan Tidak Berpakaian

Wudhu Saat Mandi dan Tidak Berpakaian

284
0
SHARE

Ingin bertanya pak. Pada saat mandi besar kan ada tuntunan untuk berwudlu. Apakah wudlu saat mandi besar harus berpakaian dulu? Mengingat wudlu dilakukan setelah membasuh qubul dan dubur


Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Perlu diketahui bahwa ada dua hal yang menjadi rukun mandi wajib. Jika dua rukun tersebut dilakukan, mandinya sudah sah. Yaitu (1) berniat untuk mandi wajib; (2) mengguyur seluruh tubuh dengan air.

Namun kalau ingin lebih sempurna maka caranya adalah sebagai berikut:
1. Mencuci kedua telapak tangan.
2. Membasuh kemaluan.
3. Berwudhu secara sempurna seperti wudhu ketika akan shalat. Atau boleh juga membasuh kakinya diakhirkan sesudah mandi.
4. Mengguyur air dari kepala sebanyak tiga kali seraya mengurai rambutnya agar terkena air.
5. Kemudian menyiram air pada sisi kanan tubuh diikuti dengan sisi kiri.
6. selesai

Jadi, membasuh kemaluan dilakukan saat di awal, sebelum wudhu dan mandi. Namun kalau sesudah itu yakni di saat mandi atau membersihkan tubuh, tangan menyentuh kemaluan maka hal itu tidak membatalkan mandinya. Namun hanya membatalkan wudhunya sehingga harus wudhu kembali.
Apakah ketika berwudhu kembali harus menutup aurat? Menutup aurat bukan merupakan syarat sah wudhu. Hanya saja menurut kalangan Maliki makruh berwudhu tanpa menutup aurat. Namun wudhunya tetap sah. Dengan demikian, bila di saat mandi tangan menyentuh kemaluan, hendaknya berwudhu dilakukan sesudah berpakaian.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY