Warisan Anak Perempuan dan Kepemilikan Hartanya sebelum Menikah

Warisan Anak Perempuan dan Kepemilikan Hartanya sebelum Menikah

189
0
SHARE

Assalamu alaikum wr.wb, mohon bantuannya atas pertanyaan saya ini masalah hukum waris secara islam, Ada 2 pertanyaan :
1.Jika seorang anak perempuan meningal dan dia sudah berkeluarga bagaimana pembagian warisnya, ibu kandung & ayah kandung msh hidup dia mempunyai anak perempuan 1, suami , punya kakak kandung perempuan 1, adik kandung laki laki 1, adik kandung perempuan 1.
2.yg meninggal adalah wanita karier sblm menikah sdh mempunyai berapa harta, apakah betul harta yg sblm dia menikah menjadi hak ibu kandung semua ?
Terima kasih, sudi kiranya menjawab pertanyan dari saya

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Terkait dengan pertanyaan waris, berapa bagian masing-masing ahli waris adalah sebagai berikut:Yang berhak mendapat waris adalah:

– anak perempuan:  setengah (46,5%) Karena hanya seorang dan setelah dibagi dengan yang lain.

– ibu:  seperenam (15,38 %) karena ada anak

– Bapak: seperenam (15,38 %) karena ada anak

– suami: seperempat (23,08%)

Sementara saudara kandung baik yang laik-laki maupun yang perempuan tidak mendapat bagian karena terhijab atau terhalang oleh keberadaan ayah.

Lalu terkait dengan harta anak perempuan baik sebelum menikah maupun sesudahnya, harta tersebut tetap merupakan harta anak perempuan itu; bukan harta ibunya. Ibu dan ayahnya hanya boleh mengambil, meminta, dan memergunakannya sesuai dengan kebutuhan lewat cara yang baik (makruf). Namun masalah ini harus disampaikan dengan baik dan bijak agar tidak melukai hati orang tua.
Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY