Isteri Tidak Suka kalau Saya Berzakat Kepada Keluarga

Isteri Tidak Suka kalau Saya Berzakat Kepada Keluarga

221
0
SHARE

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Sebelumnya saya mohon maaf, saya mau tanya mengenai zakat penghasilan,untuk zakat saya mengeluarkan zakat tersebut kepada orang lain, akan tetapi keluarga saya sendiri ( kakak ) termasuk golongan masih kurang mampu.yang saya pertanyakan adalah zakat tersebut lebih baik nya bagaimana ya ustad, apakah saya memberikan kepada yayasan , orang lain . atau apakah saya lebih baik membantu keluarga saya dulu.Akan tetapi saya bingung, karena jika saya mengeluarkan zakat tersebut ke keluarga saya,yang pasti istri saya cemburu, atau muncul pertanyaan kenapa ke keluarga saya terus. padahal di keluarga istri saya sendiri masih golongan tercukupi. akan tetapi jika saya melakukan zakat ke orang lain atau yayasan istri saya tidak pernah mempertanyakan hal tersebut. malah mendukung.bagaimana ya ustad cara saya menjelaskan hal tersebut.demikian dan terima kasih wassalamu’alaikum wr.wb

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Amma ba’du:

Alhamdulillah bila Anda telah diberikan kemampuan oleh Allah sehingga bisa mengeluarkan zakat. Semoga Allah menerima zakat dan seluruh amal salih Anda.
Lalu terkait dengan yang berhak menerima zakat, maka sudah Allah jelaskan dalam surat at-Taubah ayat 60. Di antaranya adalah fakir, miskin, dan amil. Siapapun yang termasuk dalam delapan golongan yang disebutkan dalam surat at-Taubah ini, maka ia berhak untuk mendapatkan zakat. Terkecuali kalau ia adalah orang yang nafkah hidupnya menjadi tanggungan muzakki seperti isteri, anak, dang orang tua.

Nah, kerabat atau keluarga dekat yang nafkahnya tidak menjadi tanggungan Anda sebagai muzakki berhak mendapat zakat bila termasuk dalam 8 glongan mustahik. Bahkan Rasul saw bersabda, “Sedekah kepada orang miskin bernilai sedekah. Namun sedekah kepada kerabat bernilai sedekah dan silaturahim.” (HR Ahmad, an-Nasai, Ibn Hibban, dan at-Tirmidzi). Jadi ada dua pahala yang didapat ketika memberikan zakat atau sedekah kepada kerabat; yaitu pahala sedekah dan silaturahim.

Karena itu, bila sangat dibutuhkan dan mendesak, berzakat atau bersedekah kepada keluarga dekat lebih baik. namun bila tidak, maka menyalurkan  zakat lewat yayasan atau lembaga yang amanah menjadi lebih baik karena manfaatnya insya Allah lebih besar dan lebih luas.

Oleh sebab itu, agar tidak timbul salah persespsi dan kecemburuan isteri, Anda sebagai suami perlu memberikan penyadaran dan pemahaman. Ajaklah isteri berkomunikasi dengan baik sehingga benar-benar memahami dan mendukung apa yang Anda lakukan selama sejalan dengan syariat.

Wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY