Shalat Di Mesjid yang di Halamannya Terdapat Kuburan

Shalat Di Mesjid yang di Halamannya Terdapat Kuburan

215
0
SHARE

Assalamualaikum warohmatulloh…
mohon bantuan ustadz, bagaimana dengan masjid yang ada sebuah kuburan di dalam pagar masjid (halaman), berjarak +/- 1m dari sebelah kanan bangunan masjid (sejajar dengan saf pertama atau kedua), pernah ada inisiatif untuk memindakkan kuburan tersebut,namun tidak terlaksana karena anak keturunan dari si mayit yang dikubur di sutu menolak dengan alasan itu merupakan amanah dari si mayit ketika sebelum meningggal, minta dikuburkan di belakang masjid (si mayit merupakan mantan kepala desa di desa itu). dulunya kuburan tersebut berada dibelakang,namun karena ada pembesaran masjid, jadi berpindah kedepan. Wassalam.

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Yang dilarang adalah shalat menghadap kubur secara langsung. Rasul saw bersabda, “Janganlah salat menghadap mesjid dan jangan duduk di atasnya.” (HR Muslim)

Jadi larangan ini berlaku jika shalat yang dilakukan langsung menghadap mesjid; tanpa disertai pemisah entah berupa tempok atau sejenisnya. Namun jika antara mesjid dan kuburan terdapat tembok pemisah yang tinggi sehingga jamaah shalat tidak bisa melihat kuburan tersebut,  maka tidak apa-apa. Apalagi jika letaknya di samping mesjid bukan di depan.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY