Hukum Berkurban dengaan Lebih Dari Seekor

Hukum Berkurban dengaan Lebih Dari Seekor

158
0
SHARE

Assalamualaikum wr. wb.
Saya ingin bertanya mengenai kurban. Kebetulan di daerah saya ada orang-orang yang memiliki kecukupan materi dan biasanya kalau idul adha datang mereka akan berkurban lebih dari 2 ekor kambing atau bahkan ada yang 1 ekor sapi tanpa berpatungan dengan orang lain. Yang jadi pertanyaan saya adalah, apakah diperbolehkan kurban seperti demikian? apakah hal tersebut tidak melebihi apa yang pernah rasulullah contohkan? mohon penjelasannya, terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb

Jawaban
Assalamu alaikum wr wb
Alhamdulillahi Rabbil alamin. Wassalamu wassalamu ala Rasulillahi. Amma ba’du:

Pada dasarnya setiap orang atau setiap keluarga cukup berkurban dengan seekor hewan kurban entah itu berupa kambing atau sapi. Abu Ayyub al-Ashari pernah ditanya, “Bagaimana kurban di masa Rasulillah saw?” Beliau menjawab, “Seorang berkurban kambing atas nama dirinya dan keluarganya. Lalu mereka makan darinya dan kemudian mereka bagikan kepada yang lain.” (HR at-Tirmidzi)

Hadits di atas dengan jelas menyebutkan bahwa seekor kambing bisa untuk seseorang dan keluarganya meskipun jumlah keluarganya banyak. Namun kalau ia ingin berkurban dengan lebih dari seekor hal itu baik dan pahalanya lebih besar selama dilakukan dengan niat ikhlas dan memberikan manfaat lebih luas.

Sementara terkait dengan sapi, Rasul saw memang mensyariatkan patungan tujuh orang untuk seekor sapi kurban. Namun apakah tidak boleh seekor sapi atas nama satu orang saja’? Tentu saja boleh. Satu sapi boleh atas nama satu orang sampai dengan tujuh orang; tidak lebih. Yang dimaksud satu orang di sini adalah ia berikut keluarganya.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY