Beda Niat dan Nazar

Beda Niat dan Nazar

138
0
SHARE

Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh. Saya pernah berkeinginan dalam hati di tahun itu untuk berqurban. Namun pada saatnya tiba, ternyata uang tabungan saya tidak cukup karena dipakai untuk keperluan mendadak. Yang ingin saya tanyakan, apakah keinginan tersebut sudah termasuk sebagai nasar? Lalu bagaimana hukumnya? Apakah saya berdosa karena tidak mampu melaksanakannya? Atau dapat dilakukan pada saat uang saya sudah mencukupi?
Selain itu, saya pernah mendengar seorang ulama mengatakan bahwa jika seseorang belum diaqiqah saat dia bayi, maka lebih baik dahulukan aqiqahnya barulah berqurban. Benarkah itu, Pak Ustad? Sementara saya belum diaqiqah, apakah saya harus beraqiqah dulu?
Demikian pertanyaan saya. Mohon penjelasannya.Terima kasih.
Wassalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh.


Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Washshalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Sekedar berkeinginan dalam hati untuk melakukan sebuah kebaikan atau ketaatan tidaklah disebut sebagai nazar. Ia tidak lain hanya tekad  atau niat yang kalau terwujud akan mendapat pahala. Sementara kalau tidak terwujud, tergantung pada sebab dan bentuk dari ketaatan yang diniatkan tadi. Artinya kalau amal  ketaatan yang diniatkan  adalah amalan sunnah lalu ia tidak bisa dikerjakan karena tidak mampu, maka tidak ada dosa di dalamnya. Bahkan ia bisa tetap mendapat pahala karena niat baiknya.

Sementara nazar adalah janji atau sumpah yang diucapkan untuk melakukan sebuah amal. Misalnya dengan berkata, “Saya berjanji akan berkurban jika diberi kelapangan harta.” Bila ternyata ia diberi kelapangan harta namun tidak berkurban, maka berdosa sebab telah bernazar dan harus membayar kaffarah.

Nah melihat kondisi Anda di atas, yang Anda lakukan baru sebatas niat dan keinginan di hati; bukan nazar.
Adapun terkait dengan berkurban bagi yang belum diakikah, penjelasannya dapat dilihat dalam sejumlah jawaban kami di web ini.

wallahu a’lam
Wassalamu alaikum wr.wb

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY