Batasan Shalat Tahajjud

Batasan Shalat Tahajjud

275
0
SHARE

Assalammualaikum..
Saya ingin bertanya : Jika saya tertidur setelah menjalankan shalat isya dan saya terbangun diantara jam 11malam dan tidak tertidur lagi sampai jam 2malam, jika saya menjalankan shalat dengan niat shalat tahajud diantara jam 1malam apakah itu termasuk dalam shalat tahajud..?
Terimakasih sebelumnya.


Jawaban
Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Para ulama berbeda pendapat apakah shalat tahajjud harus didahului dengan tidur setelah isya atau tidak. Prof Dr. Ahmad Hajji al-Kurdi yang merupakan salah satu pakar dalam al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaytiyyah memilih pendapat yang mengatakan bahwa shalat tahajjud dilakukan sesudah bangun tidur setelah isya. Adapun kalau tidak diselingi dengan tidur disebut dengan shalat qiyamullail.

Terkait dengan waktunya maka, ia dimulai dari sesudah shalat isya hingga waktu terbitnya fajar (shalat subuh). Nabi saw bersabda, “Allah memberikan kepada kalian sebuah shalat yang ia lebih baik daripada unta merah; yaitu antara shalat isya hingga terbit fajar.” Namun waktu yang paling afdhal adalah sepertiga malam terakhir karena bertepatan dengan saat turunnya Tuhan ke langit dunia.

Jadi kalau Anda melakukannya sesudah shalat isya dan sesudah tidur meski hanya sebentar,hal itu dibenarkan dan sesuai dengan tuntunan syariat.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY