Mengonsumsi Harta Haram Tanpa Sadar

Mengonsumsi Harta Haram Tanpa Sadar

131
0
SHARE

Assalamualaikum ustad, nama saya Ronald saya mau bertanya jika seseorang ragu ragu tentang hartanya halal atau haram kemudian setelah ditelusuri itu haram apakah berdosa  jika harta itu sudah digunakan? Walaupun itu awalnya tidak diketahui? Saya mohon jawabannya.

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Islam secara tegas melarang setiap muslim untuk mencari penghasilan dari pekerjaan yang haram atau memakan dari hasil yang haram. Namun demikian, bagi orang yang tidak sadar dan tidak tahu bahwa selama ini ia telah memakan dari sesuatu yang haram, lalu baru tahu belakangan sesudah ada yang memberitahu misalnya, maka apa yang sudah dimakan dan dikonsumsi tersebut semoga diampuni. Pasalnya ia melakukan bukan dengan sengaja; tapi karena tidak tahu.

Hanya saja, setelah mengetahui kondisi dan hukum keharamannya, ia harus segera meninggalkan harta haram tadi dan menjauhinya. “Barangsiapa yang mendapat peringatan Tuhan lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dulu menjadi miliknya dan urusannya terserah Allah.” (QS al-Baqarah: 275).

Intinya insya Allah ia diampuni dan dimaafkan selama segera bertobat dan meminta ampunan dari apa yang telah dilakukan sebelumnya.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY