Apakah Tanah Waris harus Dijual Sebelum Dibagikan?

Apakah Tanah Waris harus Dijual Sebelum Dibagikan?

224
0
SHARE

Assalammualaikim wr wb…saya ingin menanyakan tentang ilmu faraidh. Saya pernah mendengar dari seorang ustadz bahwasanya untuk pembagian warisan harus di jual terlebih dahulu tanah dan rumahnya (tanahnya) barulah di bagikan kepada yang mendapatkannya…padahal kakaknya hanya menginginkan tanahnya saja…. mohon penjelasannya….wassallam..

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Pada dasarnya warisan seseorang hendaknya segera dibagikan setelah ia wafat. Pembagiannya tidak boleh ditunda-tunda kecuali ada maslahat atau alasan yang dibenarkan dalam syariat.

Nah, sebelum warisan diberikan, seluruh kewajiban mayit seperti hutang, nazar, atau wasiatnya harus ditunaikan terlebih dahulu. Setelah semua itu ditunaikan barulah warisan tadi diberikan dengan ketentuan yang sudah dijelaskan oleh syariat (Lihat Qs an-Nisa: 11-13).

Apakah warisan harus dibagikan dalam bentuk uang? Tidak juga. Warisan boleh diberikan dalam bentuk barang peninggalan orang yang meninggal (rumah, tanah dsb) atau bisa pula dalam bentuk uang sesuai dengan hak dan bagian masing-masing.

Misalnya bila tanah warisan tersebut seluas 1000 m, sementara mayyit meninggalkan seorang isteri, seorang anak laki-laki dan dua anak perempuan, maka bisa saja tanah tadi tidak dijual tetapi dibagi berdasarkan bagian masing-masing. Yaitu isteri mendapat 1/8 bagian. sisanya dibagi di antara anak di mana anak laki-laki mendapat dua bagian anak perempuan.

Dengan demikian pembagian tanah tsb adalah: 125 meter untuk isteri, 291,5 meter untuk anak laki-laki, sisanya untuk dua anak perempuan (dibagi dua).

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY