Niat Puasa dan Minum Karena Lupa

Niat Puasa dan Minum Karena Lupa

313
0
SHARE

Assalamu’alaikum. Ustadz, saya mau bertanya, kemarin malam saya sudah niat untuk berpuasa sunnah, tapi saya terbangun lalu minum karena saya lupa bahwa di malam harinya saya sudah berniat untuk berpuasa, apakah puasa saya tidak sah atau bisa melanjutkan puasa saya karena hal tersebut termasuk lupa ?
Terimakasih

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Ada dua hal yang akan kami jelaskan; pertama terkait dengan niat puasa dan kedua terkait hukum makan atau minum di saat puasa karena lupa.

Terkait dengan niat puasa, jumhur ulama membedakan antara niat puasa wajib dan sunnah. Niat puasa wajib harus dilakukan di malam hari hingga sebelum subuh. Adapun niat puasa sunnah bisa dilakukan di siang hari; tidak harus dilakukan di waktu malam. Hal ini berdasarkan riwayat dari Aisyah ra bahwa suatu hari Rasulullah saw mendatanginya dan bertanya, “Ada makanan?” “Tidak ada,” jawabnya. Kemudian beliau melanjutkan, “Kalau begitu, aku akan berpuasa.” (HR Muslim).

Kedua terkait dengan makan atau minum karena lupa di saat puasa, maka ia tidak membatalkan puasanya, baik sedikit maupun banyak. Rasul saw bersabda, “Siapa yang makan karena lupa di saat berpuasa, hendaknya ia meneruskan puasanya. Sebab Allah yang telah memberinya makan dan minum.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wb.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY