Apa tetap Harus Azan dan Iqamat Bila Shalat Sendirian?

Apa tetap Harus Azan dan Iqamat Bila Shalat Sendirian?

389
0
SHARE

Assalamualaikum wr wb
Saya ingin bertanya bolehkah sholat sendiri saya hanya mengumandang iqamat tanpa azan. Dan bagaimana seharusnya jika ingin sholat sendiri apakah harus azan dan juga iqamat ?
Terima kasih

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Dalam riwayat Abdurrazzaq dan al-Bayhaqi disebutkan bahwa Abu Utsman melihat Anas ibn Malik ra masuk mesjid yang shalat berjamaah sudah ditunaikan di dalamnya. Maka, iapun azan dan iqamat.

Riwayat tersebut menjadi dalil bahwa azan dan iqamat tetap dianjurkan bagi orang yang salat sendirian. Hal ini karena melihat fadhilah atau keutamaan azan dan iqamat yang bersifat umum. Menurut Ibnul Mundzir, “Melakukan azan dan iqamat lebih kusenangi. Meskipun kalau mencukupkan dengan azan yang dilakukan sebelumnya di mesjid, shalatnya sah tak perlu diulang. Akan tetapi,, aku tidak ingin kehilangan keutamaan azan.”

Hanya saja kalau shalat sendirian di mesjid hendaknya bila ingin melakukan azan, tidak perlu mengeraskan suara sebab khawatir membuat bingung masyarakat sekitar.

kesimpulannya, sah melakukan shalat tanpa azan dan iqamat, atau melakukan iqamat saja tanpa azan. Namun bila disertai atau diawali dengan azan dan iqamat itu lebih baik dan lebih utama.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr. wb

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY