Imam Mengucap Rabbighfirli sebelum “Amiin”

Imam Mengucap Rabbighfirli sebelum “Amiin”

691
0
SHARE

Assalamualaikum wr wb ustad. Saya ingin bertanya, di masjid lingkungan saya ketika shalat yang dibacakan keras surat suratnya, selalu setelah membaca al-fatihah sebelum mengucap amin, Imam membaca ‘rabbigfirli’, baru setelah itu makmum mengikuti dengan amin. Bagaimana hukumnya? Saya dapat info dari internet bahwa itu sanadnya lemah. Sementara ketika shlat subuh, hanya masjid itu yang dekat dengan lingkungan rumah saya, sehingga tidak ada plihan jika ingin ke masjid. Bagaimana keutamaannya? Apakah sebaiknya tetap berjamaah ke masjid? Ataukah baiknya di rumah? Karena imam dmasjid ini, selalu beliau. Memang baiknya bisa hadir di masjid lain. Tapi ayah saya ini sudah cukup tua. Sehingga sudah syukur untuk sholat subuh bisa hadir ke masjid.

Jazakallah khayran. mohon bantuannya.

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Wasshalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Wa ba’du:

Pada sejumlah mesjid kadangkala memang ada imam yang setelah membaca surat al-Fatihah, lalu membacaRabbighfir li . Hal itu di dasarkan pada riwayat al-Baihaqi dan al-Tabrani bahwa Rasul saw membacaRabbighfirli setelah waladhdhallin. Hanya saja, riwayat tersebut lemah.

Yang benar berdasarkan riwayat yang kuat, setelah al-fatihah disyariatkan membaca Aamiin. Nabi saw bersabda, “Bila imam mengucap amin, ucapkanlah oleh kalian ‘amin’. Siapa yang ucapan aminnya bersamaan dengan aminnya malaikat, diampuni dosanya yang terdahulu.” (HR Bukhari Muslim)

Dengan demikian, mengucap rabbighfirli tidak disyariatkan. Namun apakah ia membatalkan shalat? Menurut Syeikh Bin Baz ia tidak membatalkan shalat meskipun tidak disyariatkan sehingga shalatnya tetap sah.

Karena itu, hendaknya shalat fardhu tetap dilakukan di mesjid. Di sisi lain Anda juga bisa melakukan amar ma’ruf nahi mungkar dengan memberikan pemahaman secara bijak kepada imam tersebut agar shalatnya sesuai dengan tuntunan Nabi saw.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr.wbRabbighfirli

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY