Bekerja di Perusahaan Leasing

Bekerja di Perusahaan Leasing

243
0
SHARE

Assalamualaikun ustad..
Mohon pencerahan ilmunya. Saya pria yang sudah menikah dan mempunyai anak satu.  Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan leasing. Yang ingin saya tanyakan apakah perusahaan leasing diharamkan dalam islam mengingat prinsip penanaman bunga dalam kegiatannya, sedang bunga diharamkan dalam islam,,kemudian apakah saya Harus keluar dari leasing tersebut.  Saya sudah mencoba melamar kerja ke perusahaan di luar leasing namun tidak pernah sukses,,,jika saya harus keluar dari leasing.tersebut,,,kemudian anak istri saya harus diberi makan dari mana???
Sekali lagi mohon bntuan solusinya…terima ksh ats bntuannya
Wassalamualaikum wr wb

 

 

awaban

Assalamu alaikum wr wb.

Bismilllahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Asyrafil anbiya’ wal Mursalin. amma ba’du:

Perusahaan leasing atau penyewaan pada dasarnya dibolehkan, karena praktek sebenarnya adalah jual beli, dimana sebelum pembayaran lunas didahului aqad penyewaan. Lalu nanti kalau sudah lunas baru penyerahaan surat-menyurat dari barang yang dileasing tersebut.

Namun di Indonesia akad penyewaan tersebut selalu disertai aqad bunga, artinya kalau terlambat akan terkena tambahan bunga. Saya melihat perusahaan leasing tidak sama dengan bank konvensional yang murni bunga atau riba, sementara leasing aqad dasarnya adalah penyewaan yang berakhir pada kepemilikan. Para pekerja disitu memang masih terkena cipratan bunga. Oleh karena itu berusahalah untuk dapat solusi kerjaan yang lebih bersih. Namun sebelum mendapat pekerjaan baru tidak perlu pindah untuk menjaga kebutuhan hidup.

Hanya saja terkait masalah rezeki dan memberi makan, hakikatnya Allah yang memberi makan seluruh makhluk; bukan, Anda, leasing tersebut, atau yang lain. Kita hanya berrusaha.

Wallahu alam

Wassalamu alaikum wr wb

Iman Santoso, Lc, MA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY