Apa yang Harus Dilakukan Bila Setelah Junub, Mendapat Haid?

Apa yang Harus Dilakukan Bila Setelah Junub, Mendapat Haid?

683
0
SHARE

Assalamualaikum ustadz , saya mau bertanya
Ada seorang teman saya perempuan ketika itu malam hari dia junub lalu dia mau mandi besar ketika menjelang shubuh tapi secara bersamaan saat ingin mandi besar dia tiba-tiba haid ,
Pertanyaannya : apa yang harus dia lakukan ? Mandi sebelum selesai haid atau mandi setelah haid?
Sekian terimakasih. ditunggu jawabannya

 

 

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:

Alhamdulillah atas nikmat Islam sebagai ajaran yang peduli terhadap kebersihan dan kesucian. Bersih berarti menjaga diri dari segala kotoran dan kuman yang bisa jadi menjadi sarang penyakit. Adapun suci berarti menjaga diri dari segala najis yang bisa jadi menyebabkan tidak sahnya sholat yang kita lakukan. Salawat dan salam untuk baginda Rosul yang menjadi teladan agung manusia yang selalu menjaga kesucian dan kebersihan.

Mandi junub adalah kewajiban bersuci menghilangkan najis  untuk syarat sahnya sholat. Katergori najis tersebut diantaranya pasca jimak antara suami-istri, terhenti dari darah haidh dan nifas. Mandi junub ini dilakukan agar sholat yang dilakukan menjadi sah. Tanpa mandi junub sholat yang dilakukan batal dan tertolak.

Adapun ketika seorang istri setelah berjunub dimalam hari asalkan tidak meninggalkan sholat isya sebelumnya, ternyata menjelang subuh terbangun untuk mandi junub dan didapatinya sudah keluar darah haidh maka gugur kewajiban mandinya, karena bersamaan dengan keluar darah haidh maka gugur pula kewajiban sholat subuh yang akan dilakukannya. Semoga ibu sdh menunaikan sholat isya sebelum berjimak dgn suami untuk terhindar melalaikan sholat dengan sengaja apalagi di waktu yang memang sudah menjelang jadwal haidh tiba.

Semoga Allah swt memelihara kita dari segala kemaksiatan disengaja ataupun tidak.

Wallahu a’lam

Wassalamu alaikum wr wb

Nur Hamidah, Lc. MA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY