Anda di halaman: Home Fiqih Wanita Apakah Darah Istikhadah Boleh Berpuasa?

Apakah Darah Istikhadah Boleh Berpuasa?

Anien

Pertanyaan:

bolehkah seorang yang istihadhoh melakukan puasa sunah seperti puasa senin dan kamis

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb. Darah istihadhah yang keluar adalah darah penyakit, bukan darah haidh. Sedangkan yang mengahalangi seorang wanita dari menjalankan ibadah shalat dan puasa adalah bila dia mengalami haidh atau nifas. Sedangkan isithadhah tidak termasuk yang menghalanginya untuk menjalankan ibadah shalat atau puasa. Antara darah haidh dan darah istihadhah (karena penyakit) sebenarnya dapat dengan mudah dibedakan. Para wanita biasanya lebih mengerti hal tersebut. Namun sebagai acuan dalam pembedaannya, baiklah kami kutipkan uraian para ulama tentang ciri khas masing-masng darah itu.

Sumber: Darah haid itu sumbernya berasal dari bagian dalam rahim wanita, sedangkan darah istihadhah bisa dari kemaluan atau bagian rahim namun bukan dari bagian dalamnya.

Kekentalan: Darah haid itu biasanya kental dan agak kehitaman, sedangkan darah istihadhah tidak demikian.

Warna Darah haid itu berwarna kehitaman dan kadang berubah menjadi kuning atau merah , sedangkan darah istihadhah berwarna merah darah. Rasulullah SAW bersabda,”Darah haidh itu warnanya hitam dan dikenali oleh wanita.”

Menggumpal: Darah haid itu keluar dalam tidak dalam bentuk menggumpal atau membeku dan bisa dalam keadaan seperti itu dalam waktu yang lama tanpa membeku, sedangkan darah istihadhah sering menggumpal dan membeku. Sehingga bila setelah masa haidh yang biasanya itu masih ada darah yang terus keluar namun dia menggumpal atau membeku, dengan mudah bisa dikenali sebagai darah istihadhah.

Bau: Darah haid itu umunya memiliki aroma khas dan bau, sedangkan darah istihadhah tidak berbau.

Waktu: Darah haid itu biasanya punya siklus waktu teratur sehingga para ulama biasa membuat jadwal waktu tertentu untuk menentukan apakah darah itu termasuk hadih atau istihadah. Sedangkan darah istihadhah adalah darah penyakit yang keluar kapan saja tanpa waktu tertentu.

Jadi bila Anda mendapatkan ciri-ciri seperti di atas, ketahuilah bahwa itu darah isitihadhah dan Anda tetap wajib menjalankan shalat dan puasa wajib. Dan agar tidak menjadi najis, maka sebelum melakukan shalat, hendaklah dibersihkan dan ditutup dengan pembalut.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

</

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Banner
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini3169
Kemarin2654
Minggu ini3169
Bulan ini75560
Keseluruhan585337

Terdapat 26 pengunjung online