Anda di halaman: Home Masalah Umum Seputar Nadzar

Seputar Nadzar

Pertanyaan:

Assalamulaikum wr.wb

Pa ustad saya mau nanya nih. Misalnya seseorang bernadzar seperti ini "Saya bernadzar akan melakukan kebaikan jika tidak melakukannya maka harta saya jadi haram.”

Nadzar itu tidak di tentukan batas waktunya..yang saya tanyakan adalah :

1. apakah nadzar itu berlaku untuk selamanya??

2. Bila orang itu tidak mampu untuk menepati nadzarnya.Bisakah nadzar itu dibatalkan dengan membayar denda??

3.setelah orang itu membayar denda apakah nadzarnya itu sudah terhapus?? makasih sebelumnya pa ustad..Wassalamualaikum wr.wb

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.

Hukum dan Etika Bernadzar.

Nadzar memang pernah dilakukan para anbiya, seperti nabi Ayyub as dan nabi Zakaria as, tetapi tidak menjadi kebiasaan Rasulullah saw. Bahkan dalam periwayatan Rasul saw mengibaratkan orang bakhil bagi yang suka bernadzar jika akan melakukan atau memperoleh sebuah harapan.

Namun demikian jika ada diantara umatnya yang terlanjur bernadzar maka harus di tunaikan (sesuai dengan waktu dan isi nadzar yang bersangkutan ) sebagai janji yang wajib dipenuhi, dengan syarat isi dari nadzar bukan hal yang haram, maksiat dan mendatangkan mudhorot. Jika nadzar berisi tentang hal yang haram, maksiat dan mudhorot, seperti mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram, atau menyulitkan dan membahayakan diri, keluarga dan harta manusia maka haram dilaksanakan, tetapi yang bersangkutan harus membayar denda atas nadzar tersebut, seperti dalam Qs 5 : 89.

Denda tersebut adalah opsi memberi makan atau pakaian kepada 10 orang miskin atau merdekakan budak, atau puasa 3 hari berturut-turut. Dengan membayar denda inilah berharap Alloh swt sudah menggugurkan kelalaian dan kecerobohan kita dalam bernadzar.

Wallahu a'lam - Wassalamu alaikum wr.wb.

Nur Hamidah, Lc, MA

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini2381
Kemarin2581
Minggu ini13253
Bulan ini2381
Keseluruhan318724

Terdapat 89 pengunjung online