Anda di halaman: Home Shalat Shalat Tahiyyatul Mushallah

Shalat Tahiyyatul Mushallah

Sofyan

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum...Saya ada pertanyaan apakah boleh apabila masuk musholah, kemudian melakukan sholat tahyatul masjid, sedangkan yang dimasuki adalah musholah bukan mesjid. Apakah sama dengan tahyatul mesjid, kalaupun bisa, apakah niatnya sama? Mohon penjelasannya beserta dalilnya, terima kasih. Jazakallah Khairan Katsira atas jawabannya. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Jawaban:

Assalamu`alaikum Wr. Wb. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu kita cermati makna dan pengertian serta perbedaan masjid dan mushalla. Di masa Rasulullah SAW, yang dinamakan mushalla adalah tanah lapang yang digunakan untuk shalat `Iedul Fithri dan `Iedul Adh-ha, juga shalat Istisqa dan lainnya. Dimana diperlukan tempat yang lebih besar dan lapang serta berfungsi agar shalat-shalat ini bisa dilihat oleh non muslim dalam menggetarkan hati mereka.

Lalu istilah musholla berkembang menjadi tempat shalat baik yang ada di dalam rumah, komplek atau di dalam gedung. Mushalla ini biasanya dipakai untuk shalat sunnah atau pun shalat wajib karena pertimbangan jauhnya masjid. Namun seiring dengan perkembangan waktu, terkadang secara pisik hampir sulit dibedakan antara masjid dan mushalla, karena barangkali jumlah penduduk yang terus bertambah sehingga sebuah mushalla hampir-hampir berubah fungsi dasarnya seperti masjid, karena shalat rawatibnya penuh dengan orang, bahkan terkadang ada banyak aktifitas majelis taklim dan lainnya layaknya sebuah masjid. Bahkan terkadang shalat jumat pun dilaksanakan disana. Maka bila memang sudah berfungsi seperti masjid, hendaknya diresmikan sebagai masjid. Dan bila telah resmi menjadi masjid, tentu saja semua ibadah yang berhubungan dengan masjid menjadi berlaku termasuk shalat tahiyatul masjid. Dan juga dilarangnya wanita haidh untuk memasukinya.

Sedangkan bila tetap sebagai musholla, tentu saja tidak ada shalat tahiyatul musholla. Sebagaimana tidak ada shalat tahiyatul Syari` (menghormati jalanan), yaitu pemandangan yang sering kita lihat dimana orang melakukan salat sunnah dua rakaat sebelum shalat `Iedul Fithri padahal dia shalat di jalan raya.

Wallahu A`lam Bish-Showab, Wassalamu `Alaikum Wr. Wb.

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Teknisi

Status Yahoo
CALL CENTER/OFFICE:
021-8575426

Visitor

Hari ini1549
Kemarin2581
Minggu ini12421
Bulan ini1549
Keseluruhan317892

Terdapat 47 pengunjung online