Anda di halaman: Home Zakat Zakat Warisan

Zakat Warisan

Anita

Pertanyaan:

Zakat warisan apakah sama dengan zakat hadiah yang besarnya 20 %?

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb. Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi Rabbil `Alamin. Wash-shalatu Was-Salamu `alaa Sayyidil Mursalin. Wa ba`d.

Sebenarnya istilah zakat warisan bukanlah sesuatu yang populer di kalangan jumhur ulama. Karena dalam banyak kesempatan di masa Rasulullah SAW, terutama dalam masalah pembagian harta waris, kita tidak pernah membaca riwayat yang menyebutkan ada kewajiban bagi para penerima harta warisan untuk segera membayarkan zakatnya. Kalaupun ketentuan zakat warisan itu ada, barangkali merupakan ijtihad dan qiyas dari zakat profesi, dimana yang dimasukkan dalam kategori profesi adalah segala jenis penerimaan harta, baik gaji, upah, bonus, fee dan lainnya termasuk uang dari warisan.

Kalau pun pendapat ini diterima, maka tentu saja para ulama berbeda pendapat, apakah itu bisa dikatakan hadiah atau bukan. Karena kenyataannya uang itu bukan hadiah, tetapi merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh para ahli waris dan dibagikan kepada orang yang terdaftar dalam ahli waris. Dan antara hadiah dengan warisan adalah dua hal yang sangat berbeda. Baik dari hukumnya, ketentuannya dan juga siapa saja yang berhak mendapatkannya. Jadi pendapat tentang kewajiban zakat warisan ini paling tidak masih menjadi perbedaan pendapat, terutama bila dilihat dari sudut pandang ilmu waris yang sama sekali tidak menyebut-nyebut kewajiban untuk membayarkan zakatnya.

Kalaupun ada anjuran untuk memberikan sebagian harta kepada pihak lain, adalah infaq yang bersifat sunnah. Yaitu seperti yang disebutkan dalam Al-Quran: Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik”. (QS. An-Nisa : 8). Pemberian ini selain bersifat sunnah atau anjuran, juga ketentuannya sangat jauh berbeda dengan zakat yang sudah baku.

Wallahu A`lam Bish-Showab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

MP3 Ceramah

Manajemen waktu

Banner
Banner

Visitor

Hari ini2440
Kemarin2762
Minggu ini13079
Bulan ini51527
Keseluruhan767114

Terdapat 43 pengunjung online