Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Dua Orang yang Mencinta di Jalan Allah

Kali ini, kita akan membahas Hadits Dua Orang yang Mencinta di jalan Allah.

 

Hadits Dua Orang yang Mencinta di Jalan Allah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertanyaan:

Sy mau nanya pd hadist Al-bukhari dan Muslim meriwayatkan dr Abu Hurairah r.a bahwasanya Nabi SAW bersabda : ada tujuh golongan yg akan dnaungi oleh ALLAH di dlm naungannya:…….wa rojulani tahabba fil lah. yg mau sy tanya kan knp pd kalimat itu memakai kata ” wa rojulani” mohon penjelasannya agar kira ny ada kejelasan bagi saya.atas perhatianny sy ucapkan terima kasih byk . Jazakumullah khairon katsiron.

Jawaban:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi ajmain. Wa ba’du:

Seperti yang Anda sebutkan redaksi tersebut potongan dari hadits panjang yang berbicara tentang tujuh golongan yang mendapat naungan Allah di hari tiada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satu dari golongan yang mendapat naungan Allah tersebut adalah dua orang yang saling mencintai karena Allah.

Dalam redaksi bahasa Arabnya adalah: رجلان تحابا في الله اجتمعا عليه وتفرقا عليه

Jadi pemakaian kata rajulani adalah untuk menggambarkan interaksi dua orang yang saling mencinta di jalan Allah. Dia tidak dibatasi oleh jenis kelamin laki-laki. Tetapi siapapun entah itu laki-laki ataupun wanita jika mereka saling mencinta karena Allah; bukan karena harta, nasab, keturunan, atau yang lain, di mana yang satu mencintai saudaranya itu karena ia mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, maka cinta tersebut akan mengantarkan mereka mendapat naungan Allah di hari akhir nanti.

Wallahu a’lam.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Posting Komentar untuk "Hadits Dua Orang yang Mencinta di Jalan Allah"