Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Setan Makan Bersama Manusia

Kali ini, kita akan membahas tentang Makna Setan Makan Bersama Manusia.

Makna Setan Makan Bersama Manusia


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertanyaan:

Ustad mau tanya, kalau maksudnya setan makan bersama kita itu apa si setan makan makanan kita? dan membuat kita jadi kurus kering? Terima kasih

Jawaban:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba’du:

Dalam riwayat ath-Thabrani dan yang lain disebutkan bahwa seseorang makan bersama dengan Nabi saw. Ketika berada di suapan terakhir, ia mengucap

بسم الله أوله وآخره

Mendengar hal tersebut, Nabi saw berkata, “Tadinya setan terus makan bersamanya sampai ia mengucap doa tersebut. Saat ia membacanya setan memuntahkan semua yang ia makan.”

Dari hadits tersebut Rasul saw menyebutkan bahwa setan ikut makan bersama orang yang lupa membaca basmalah. Yang menjadi pertanyaan: apa makna dari “setan makan bersamanya”?

Sebagian ulama seperti al-Imam an-Nawawi berpendapat bahwa maksud dari “setan makan bersamanya” adalah makan dalam pengertian sebenarnya. Artinya setan-benar makan bersamanya. Namun cara dan hakikatnya tidak kita ketahui. Hal ini diperkuat oleh hadist yang berbunyi, “Jika salah seorang kalian makan, hendaknya makan dengan tangan kanan, minum dengan tangan kanan, mengambil dengan tangan, dan memberi dengan tangan kanan. Pasalnya, setan makan dengan tangan kiri, minum dengan tangan kiri, memberi dengan tangan kiri, dan mengambil dengan tangan kiri.” (HR Muslim) Hadits ini menunjukkan bahwa setan juga makan.

Namun sebagian ulama lain menjelaskan bahwa maksud dari “setan makan bersamanya” adalah keberkahannya hilang akibat tidak membaca basmalah. Demikian yang dikatakan oleh ath-Thibi.

Kesimpulannya, setan benar-benar makan dan ia ikut makan bersama orang yang makan tanpa membaca basmalah. Hal itu tentu akan membuat keberkahannya hilang. Akibatnya apa yang dimakan tidak mendatangkan kebaikan. Misalnya tidak melahirkan tenaga untuk melakukan ketaatan meskipun sudah makan banyak dan perutnya buncit.

Wallahu a’lam

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Posting Komentar untuk "Makna Setan Makan Bersama Manusia"